Kondisi Terkini Makbaroh Mama Najmuddin (Wakil Talqin Abah Sepuh)

Komplek Makam KH. Najmuddin
(Kec. Jatiwaras - Kab. Tasikmalaya)
KH. Najmuddin alias Mama Najmuddin merupakan salah satu dari 8 Wakil Talqin Syaikh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad r.a.(Abah Sepuh), Mursyid Tarekat Qadiriyyah Naqsyabandiyyah (TQN) Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya Jawa Barat.

Mama Najmuddin kembali ke rahmatullah pada usia 82 tahun (l. thn 1900 M. / w. 1982 M.) dan disemayamkan di sebuah lembah komplek pemakaman keluarga, di daerah Ciceuri Kampung Garunggang Desa Neglasari Kec. Jatiwaras (dulu masih Kec. Salopa) Kab. Tasikmalaya Jawa Barat.

Makam KH. Najmuddin (dok. 11/04/2024)
Sejak wafatnya hingga kini makbaroh Mama Ajengan asal Kp. Awitali tersebut sering diziarahi oleh masyarakat sekitar, para ikhwan TQN Pontren Suryalaya dari sejumlah daerah dan oleh para peziarah lainnya.


Karena dimakan usia, kondisi makbaroh Mama Ajengan cukup meprihatinkan, pasalnya kayu-kayu penyangga bangunan yang sudah keropos berikut atap yang sudah bocor dapat menggangu kenyamanan bahkan membahayakan para peziarah.


Atas kondisi tersebut, pada bulan Maret tahun 2023 masyarakat setempat yang digagas oleh para dzurriyah Mama Ajengan bergotong-royong merenovasi makbaroh. Bangunan seluas 18 M persegi (6 x 3 m) tersebut telah diubah dengan kondisi yang lebih laik, aman, nyaman. 

Sebelum direnovasi (dok. 15/05/2021)

Setelah direnovasi (dok. 11/04/2024)
Kini atap dicor dan lebih tinggi dari sebelumnya, dinding depan menggunakan kaca, sehingga makam bisa terlihat dari luar.

Selain bisa duduk berziarah tepat di depan makbaroh, para peziarah disediakan tempat di luar kaca dengan dinding terbuka, sehingga pezirah lebih betah sambil menghirup udara segar di tengah-tengah rindangnya pepohonan.

Makbaroh KH. Najmuddin
Makbaroh tersebut menjadi tempat munggaran untuk selanjutnya dijadikan komplek pemakaman keluarga alias  dzurriyah Mama Ajengan.



Penulis : Kang Kamal

Sumber : Edi Hermawan (salah satu cucu KH. Najmuddin)

loading...
Latest
Previous
Next Post »