Rehab Gedong Puncak Suryalaya


Ffggg
Gedong Puncak Suryalaya pasca direhab.

Dalam rangka menyambut kegiatan Tasyakur Milad Pondok Pesantren suryalaya ke-115 tahun 2020, pihak Pesantren melakukan perbaikan pada beberapa bangunan yang ada di sekitar komplek Pesantren. Perbaikan tersebut diantaranya adalah rehab kusen gedung makbaroh Hadrotusyekh Abah Sepuh ra. dan Abah Anom ra. yang terletak di Puncak Suryalaya. Rehab tersebut memakan waktu kurang lebih selama sembilan hari, yaitu tanggal 13-21 Agustus 2020.

Kusen Gedong (bangunan) yang semula berbahan kayu, kini diganti dari bahan aluminium. Selain itu kaca yang semula polos, kini dihiasi oleh ornamen nyentrik berlambang kupu-kupu. Bukan tanpa makna, lambang kupu-kupu memiliki filosofi yang sangat tinggi. Metamorposis kupu-kupu dijadikan ibrah bagi setiap ikhwan TQN Pontren Suryalaya dalam memperbaiki diri; diri yang hina berupaya menjadi diri yang mulia (Insan Kamil).

Pintu Gedong sebelah Selatan

Ornamen kupu-kupu pada jendela gedong sebelah timur.

Tak lama dari rehab kusen, dilakukan pula rehab pagar tembok sebelah selatan (dibangun lebih tinggi) sebagai pembatas area makbaroh dengan penduduk sekitar.

By: Admin


loading...
Previous
Next Post »