Bertarekat Sejak Dini, Santri Suryalaya Belajar Praktek Manakiban



Suryalaya (Senin, 26/4/2021). Beberapa santri Pondok Pesantren Suryalaya tampil di atas mimbar tengah mempraktekkan amaliyah manakiban yang merupakan salah satu amaliyah (bulanan) di TQN Pontren Suryalaya.

Praktek tersebut digelar di hari ke-14 Syahru Shiyam dalam pembelajaran Mata Aji Tashawuf pada kegiatan Pesantren Kilat (sanlat) Kifrah Romadhon (Kirom) VIII Tahun 1442 H. yang diselenggarakan oleh Pengajian Tradisional Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya.

Dudin Samsudin, M.Hum, selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa Kirom VIII tahun ini lebih ditekankan pada praktek. ''Diharapkan dengan metode praktek, para santri lebih mudah paham dalam menerima materi pembelajaran, serta membuat santri lebih betah; tidak jenuh dalam belajar''. ucapnya.

Keceriaan para santri Sanlat di Masjid Nurul Asror Pontren Suryalaya.


Kegiatan sanlat yang dilaksanakan di Masjid Nurul Asror tersebut berlangsung tiap hari iwal hari Jumat dari pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB. Pada setiap harinya, selama 4 jam tersebut diisi dengan beberapa mata aji, antara lain Ilmu Tajwid, Fikih Ibadah, Tauhid, Tasawuf dan Tarekat (Amaliyah), serta amaliyah shalat Duha dan Tadarus Al-Quran. Sanlat tersebut dimulai dari tanggal 2 hingga 17 Ramadhan nanti.

Cuaca Pagi Hari di Pontren Suryalaya


Selain sanlat, Kirom VIII yang mengusung tema ''Menempa diri di masa pandemi'' itu pun menyelenggarakan Kegiatan Pasaran. Kegiatannya antara lain Kuliah Subuh, Tahsin Al-Quran, Pasaran Kitab Kuning (Tauhid, Fikih, Shorof, dan Tasawuf) yang dilaksanakan bada Shalat sunnat Isyroq, bada asar, dan bada tarawih. Selain itu Pesantren Ramadhan tersebut menyelenggarakan pula Buka bersama dan Peringatan Nuzulul Quran. Rangkaian Kegiatan yang diikuti oleh santri SLTP, SLTA, dan Mahasiswa tersebut akan berlangsung hingga penghujung Ramadhan nanti.

Cuaca Pagi Hari di Masjid Nurul Asror Pontren Suryalaya yang adem bikin betah beribadah.

By: admin






loading...
Latest
Previous
Next Post »