Kopontren Suryalaya HIDMAT gelar Pendidikan Perkoperasian

Sesi photo bersama usai kegiatan.
Suryalaya (Sabtu, 27/10). Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Suryalaya “HIDMAT” menggelar Pendidikan Perkoperasian bagi para anggotanya. Kegiatan ini diikuti oleh 40 anggota yang merupakan angkatan pertama sejak tahun 2016.

“Pendidikan ini bertujuan memberikan wawasan dan pemahaman kepada seluruh anggota berkaitan dengan perkoperasian.” papar ketua Kopontren,  Ahmad, MSI.  Ia pun menambahkan bahwa kegiatan ini akan digelar secara berkelanjutan hingga beberapa angkatan, sehingga seluruh anggota dapat memperoleh pendidikan.


Adapun pemateri pada kegiatan ini ialah Kepala Lembaga Pendidikan Koperasi (LAPENKOP) Wilayah  Jawa Barat, Asep Saep Nurdin. Sebagai pembuka pembicaraannya, Ia menegaskan bahwa pandangan masyarakat yang selama ini menganggap bahwa koperasi sebagai “Sebuah Lembaga” harus diubah  menjadi “Sebuah Perilaku”. Perilaku koperasi ialah Kerjasama, Gotong royong yang di dalamnya tertanam Jiwa saling percaya terhadap sesame anggota. Dalam berkoperasi hendaknya terlatih sikap kemandirian anggota dengan melatih kewirausahaan daripada kebiasaan mengajukan bantuan.

Sekjen Koperasi Mitra Malabar dan juga sebagai Pelatih Spesialis LAPENKOP Nasional itu pun menjelaskan bahwa koperasi harus dianggap sebagai perusahaan dan harus menjadikan koperasi sebagai pendongkrak ekonomi anggota. Diantara indikator kesuksesan koperasi adalah adanya saling percaya antar anggota dan percaya terhadap pengurus.

Pada akhir acara, Ahmad memaparkan bahwa 40 peserta yang telah dididik akan dijadikan sebagai pilot project dengan membimbing beberapa anggota lainnya. Ia pun berharap semua anggota lebih aktif dan kontributif terhadap perkembangan dan kemajuan Kopontren Suryalaya Hidmat yang merupakan sebuah “perusahaan” milik bersama yang telah didirikan tahun 1979.

Acara yang digelar dekat Kantor Kopontren Hidmat ini dimulai dari pukul 08.30 hingga pukul 12.00 WIB. Acara ini dapat diselenggarakan atas kerjasama Kopontren Suryalaya Hidmat dengan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA) Kabupaten Tasikmalaya.


by: admin
loading...
Previous
Next Post »