Pembinaan Khusus di MTs Serba Bakti Suryalaya

Drs. KH. E. Sandisi tengah memberikan wejangan kepada para peserta BINSUS.
Suryalaya-Tasikmalaya. Siswa kelas IX MTs Serba Bakti Tahun Pelajaran 2016/2017 ikuti Pembinaan Khusus (binsus) pada beberapa waktu lalu (9-11/5).

Binsus ini tiap tahunnya diselenggarakan oleh MTs Serba Bakti khusus untuk kelas IX di sela-sela menunggu pengumuman kelulusan pasca Ujian Akhir (UM, UAMBN, dan UN). Tahun ini diikuti oleh 155 siswa, dengan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Umum Yayasan Serba Bakti, Edi Karman.
Kegiatan yang digelar selama tiga hari ini diikuti oleh 77 siswa dan 78 siswi. Mereka dibekali materi ke-TQN-an dengan metode hafalan dan praktek amaliyah secara langsung. “Binsus ini bertujuan agar siswa memperoleh kematangan pemahaman yang lebih baik terhadap ilmu-ilmu yang secara langsung dipraktekkan dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari serta menumbuhkembangkan kebiasaan dalam pengamalannnya dalam bentuk riyadhoh/latihan dengan system pengamalan TQN.” Tegas Waka Kesiswaan, Abdul Wakam.
Materi pembinaan yang hampir semuanya merupakan amaliyah TQN Pondok Pesantren Suryalaya ini yaitu Bimbingan Ziarah, Bimbingan Khutbah dan Muroqi, Bingbingan Dustur dan Tarhim, Bimbingan amaliyah sholat-sholat sunnat, Bimbingan Tahlilan, Bimbingan Marhabaan, Bimbingan amaliyah Dzikir dan Khotaman, Bimbingan amaliyah manaqiban, Bimbingan Pengurusan Jenazah, Bimbingan Qiyamullail dan Do’a-doa harian, Bimbingan Studi Lanjutan, Bimbingan Cara Belajar Efektif di SLTA, Pengenalan Dunia Kerja & Merintis Karier, Kerawanan & Ketahanan Remaja, Pembiasaan shalat berjamaah, Kuliah Subuh, Olahraga dan diakhiri dengan Napak Tilas Abah Sepuh. Materi tersebut diberikan kepada peserta binsus kelas IX setelahnya mereka mendapatkan Talqin Dzikir.
“Diharapakan siswa lulusan MTs Serba Bakti ini mampu mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan dalam kehidupan sehari-hari yang bermanfaat baik untuk individu maupun bagi masyarakat, sekitar. Terutama mampu berhidmat kepada Guru Mursyid, Abah Anom ra. dengan cara belajar mengamalkan, mengamankan dan melestarikan ajaran TQN Pondok Pesantren Suryalaya” Ungkap Ketua Pelaksana, Kamaludin Koswara.
Rangkaian kegiatan yang difokuskan di lingkungan madrasah ini, walau masih terdapat kekurangan namun dapat berjalan dengan tertib dan lancar hingga acara penutupan.


By: kangkamal
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
14 Mei 2017 01.39 delete

Berita yang sangat luar biasa.
Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini terus dilakukan kedepannya..

Reply
avatar
15 Mei 2017 07.34 delete

Amiin. Trimakasih ustad Dudin Samsudin tas do'a dan kunjungannya.

Reply
avatar