Kompi B gelar diklat PKS perdana di Suryalaya

Para peserta dan panitia Diklat PKS Kompi B tahun 2017
Tasikmalaya (Minggu, 26/2), Pengurus Kompi B Batalyon Donny Suryanto Masa Hidmat 2017-2018 selenggarakan kegiatan Diklat Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di Suryalaya Desa Tanjungkerta Kec. Pagerageung Kab. Tasikmalaya.

Pendidikan dan Latihan (Diklat) Patroli Keamanan Sekolah (PKS) merupakan ajang pembinaan dan pengembangan ketahan fisik dan mental, melatih keterampilan dan kemampuan kepemimpinan, kecakapan dan ketangkasan, serta kerjasama antar anggota dalam membina persaudaraan, persatuan dan kesatuan.

Peserta yang mengikuti kegiatan diklat ini sebanyak 96 orang dari tiga peleton/sekolah, yaitu dari MTs Serba Bakti Suryalaya, MA Serba Bakti Suryalaya, dan SMK Plus YSB Suryalaya. Diantara tujuan kegiatan ini ialah untuk membentuk watak dan karakter para pelajar agar memiliki disiplin tinggi dan bertanggungjawab dalam melaksanakan kewajiban terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara serta membiasakan diri teratur dalam menjalani kehidupan saat ini dan di masa yang akan datang.

Kegiatan yang digelar sejak hari Jumat sampai Minggu tanggal 24-26 Februari 2017 ini, menghadirkan para Instruktur yang sangat mumpuni di bidangnya masing-masing, diantaranya adalah:

Di hari pertama, Jumat (24/2) dimulai bada Jumat sekitar pukul 13.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Diawali .dengan upacara pembukaan di dalam ruangan. Materi yang disampaikan pada hari pertama adalah:
-       Nilai Penting dan peran aktif Patroli Keamanan Sekolah di era globalisasi, oleh Pembina PKS Batalyon Donny Suryanto, Heri Hermawan, ST.


Di hari kedua, Sabtu (25/2):
-       Sosialisasi UU RI No. 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan oleh Yahya S.S. dan Aruman dari Unit Dikyasa Polres Tasikmalaya Kota.
-       Pengaturan Lalu Lintas dan Senam Lalu Lintas, oleh Yahya, S.S. dan Aruman dari Unit Dikyasa Polres Tasikmalaya Kota (materi lapangan).
-       Kesehatan Reproduksi Remaja, oleh Yoyo S., dari UPTD Puskesmas Kec. Pagerageung Kab. Tasikmalaya.
-       Penanggulangan kerawanan, kenakalan, dan berbagai bentuk penyimpangan siswa (Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas) dari Polsek Pagerageung Kab. Tasikmalaya.





Di hari ketiga, Minggu (26/2):
-       Bela diri tongkat dan bela diri borgol, oleh Purna PKS Batalyon Donny Suryanto.
-       Joged Komando
-       Game dan olahraga lainnya.



Di penghujung kegiatan para peserta mengikuti Upacara penutupan. Kegiatan ditutup langsung oleh Pembina Kompi B sekitar pukul 10.00 WIB di lapangan Upacara Komplek MTs/MA Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya.

Dalam amanatnya Pembina Kompi B berpesan kepada para peserta agar terus belajar dan belajar baik di dalam kelas (intrakurikuler) ataupun di luar kelas (ekstrakurikuler). Hasil pembelajaran dari ekstrakurikuler tidak selalu harus dapat dirasakan langsung saat ini. Namun hasil pembelajaran tersebut mungkin saja akan dapat dirasakan setelah beberapa tahun yang akan datang (setelah keluar dari bangku sekolah).
 
Pengurus Kompi B Masa Hidmat 2017-2018 (Panitia)





By Kamaludin Koswara.






Previous
Next Post »