Koperasi Suryalaya HIDMAT selenggarakan RAT


Tasikmalaya, Selasa Pagi (31/1) Kopontren Suryalaya HIDMAT menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun buku 2016 di Aula Gedung Syukriya Bakti Kampus Latifah Mubarokiyah Pondok Pesantren Suryalaya.

“RAT ini selalu diupayakan terselenggara awal tahun yakni di bulan Januari, karena hal ini mengindikasihan sebagai sebuah koperasi yang sehat”. Tegas Drs. Ahmad, MSI. Selaku Wakil Ketua Koperasi.

“Maksud diselenggarakannya kegiatan ini antara lain untuk membahas kerja pengurus melalui hasil pemerisaan pengawas, mengesahkan hasil evaluasi kerja tahun 2016 sesuai UU Perkoperasian yang berlaku, menyusun rencana kerja, rencana anggaran pendapatan dan biaya serta merumuskan kegiatan tahun 2017, dan untuk membagian Sisa Hasil Usaha (SHU) kepada para anggota” Tutur Drs. Agus Supyan, MM. selaku Pengawas Koperasi.

Forum tertinggi dalam sebuah koperasi ini dihadiri oleh Pengemban Amanah Pondok Pesantren Suryalaya, Dinas Koperasi Kabupaten Tasikmalaya, Pertamina Tasikmalaya, Bank Mandiri Tasikmalaya, Rektor Latifah Mubarokiyah, dan Para Kepala Sekolah/Madrasah yang berada di bawah naungan Yayasan Serba Pondok Pesantren Suryalaya.

“Kepercayaan anggota kepada pengurus akan tumbuh dengan sendirinya jika para pengurusnya jujur, sehat, dan bertanggungjawab serta mementingkan kepentingan para anggotanya. Oleh karena itu, saya mengingatkan Pengurus Koperasi Hidmat agar dalam mengemban tugas melaksanakan amanah seluruh anggota, hendaknya bertindak apik dan teliti dalam segala hal sebagaimana Tanbih wasiyat Pangersa Guru Almarhum Syekh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad ra. ‘Kulantaran kitu, sakabeh murid-murid kudu arapik tilik jeung pamilih dina nyiar jalan kahadean lahir batin dunya aherat sangkan ngeunah nyawa betah jasad. Ulah jadi kabengkahan anu disuprih CAGEUR BAGEUR”. Pesan KH. Zaenal Abidin Anwar dalam sambutannya selaku Pengemban Amanah.

Kata HIDMAT yang merupakan nama koperasi Pondok Pesantren Suryalaya ini, merupakan singkatan dari HIDUP MASYA TAREKAT, yang dapat diinterpretasikan bahwa dalam ragam langkah kehidupan seyogyanya selalu mencerminkan orang yang bertarekat, yakni tepat dan benar dalam laku dan langkah menurut syariat Islam (pen). 

Koperasi dipimpin oleh Ir. H. Ayat Hidayat ini, telah mencapai ribuan anggota. Namun anggota yang masih aktif dan tercatat dalam buku tahun 2016 adalah sekitar 344 orang. Koperasi yang berdiri sejak tanggal 23 Desember 1997 ini didominasi oleh anggota yang berasal dari daerah Pagerageung-Kab.Tasikmalaya dan Panumbangan Kab. Ciamis. Adapun anggota yang hadir di RAT ini lebih dari 150 orang.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00 ini, berjalan dengan lancar dan meriah. Pasalnya di sela-sela acara pokok, para anggota disuguhi dorprice yang cukup memikat hati para anggota untuk tidak berajnak dari tempat duduk. Tiap tahunnya Para Pengurus Koperasi telah menyediakan dorprice berupa berbagai jenis barang peralatan rumah tangga untuk didapatkan para peserta RAT yang memenuhi kriteria terbesar menabung dan terajin simpan pinjam di Kopontren Suryalaya HIDMAT.


Di penghujung acara, Pengurus Koperasi yang diwakili oleh Drs. Ahmad, MSI. menghimbau dan mengajak kepada seluruh peserta RAT agar lebih meningkatkan simpanannya di Koperasi serta selalu mendukung terhadap program-program Kopontren Suryalaya HIDMAT, sehingga pada akhirnya kemajuan Kopontren Suryalaya dapat berimbas kembali terhadap peningkatan kesejahteraan seluruh anggota.


Kamaludin Koswara
Previous
Next Post »