Siswi MTs Serba Bakti Suryalaya ikuti seleksi Tahfidz Al-Quran


Tasikmalaya – Hari Rabu (9/11) Perwakilan siswi MTs Serba Bakti Suryalaya mengikuti seleksi “Tahfidz Al-Quran” yang diselenggarakan di MTsN 2 Tasikmalaya.
Kegiatan yang digelar di MTs N 2 Tasikmalaya ini diikuti oleh perwakilan dari tiap Madrasah Tsanawiyah se-KKM MTsN 2 Tasikmalaya dalam rangka menyambut Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementrian Agama Kabupaten Tasikmalaya ke-71.
Iyed Tarya S, S.Pd.I, wakil ketua KKM mendukung penuh penyelenggaraan seleksi Tahfidz Al-Quran ini. “Perhelatan ini bertujuan untuk memotivasi para siswa/siswi yang ada di lingkungan Kementrian Agama dalam menghafal Al-Quran, di tengah kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat. Para siswa/siswi diharapkan mampu mengisi era globalisasi dengan mengasah, membekali diri dan menyibukan diri dengan hal-hal yang positif.” Tegasnya saat memberikan sambutan.
Kegiatan yang rutin digelar setiap taun ini, memacu para siswa untuk menguasai hafalan Al-Quran minimal dua Juz terkahir, yaitu Juz 29 dan Juz 30. Kriteria yang harus dikuasai para perserta diantaranya; kelancaran hafalan, kefashihan (ilmu Tajwid), dan Adabuttilawah serta lagu/lagam.
Dalam Kegiatan yang berlangsung selama sehari ini, para peserta disuguhi soal berupa; 1. Membacakan surat tertentu yang ada dalam amplop soal, 2. Melanjutkan ayat, 3. Melanjutkan surat, dan menebak nama surat dari ayat yang dibacakan oleh dewan hakim.

Dalam perhelatan ini, MTs Serba Bakti mengutus dua orang peserta atas nama Reynata dari kelas IX dan Azma dari kelas VIII.
Peserta terbaik dari KKM MTsN 2 Tasikmalaya ini akan didelegasikan sebagai peserta Tahfid Al-Quran di Tingkat Kabupaten. yang bertempat di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tasikmalaya.

Pada akhir sambutannya, Iyed Tarya S., S.Pd.I. mengajak peserta untuk terus semangat menghafal Al-Quran sehingga para Hafidz Hafidzah terlahir dari lingkungan madrasah Kementrian Agama Kabupaten Tasikmalaya.

Kamaludin Koswara

Previous
Next Post »