Workshop Cara Mudah Membuat Musik dan Lagu untuk Pendidikan Anak




Pusat Bahasa IAILM Suryalaya bekerja sama dengan Pusat Kajian Tasawuf Asean dan Komunitas Peduli Musik menyelenggarakan Workshop “Cara mudah membuat musik dan lagu untuk pendidikan anak” di kampus IAILM Suryalaya pada hari Kamis, 5 Mei 2016.

Di hari yang bertepatan dengan hari libur Nasional ini, dirasakan cukup memberikan banyak inspirasi bagi saya. Workshop yang dimulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB ini, dirasakan sangat menyenangkan dan sangat memberikan pencerahan, khususnya dalam bidang musik. 

Kegiatan ini dihadiri oleh para peserta lebih dari 70 orang, yang terdiri dari Guru, Orangtua, Mahasiswa Calon Guru, dan Peminat Musik dan Lagu untuk Pendidikan Anak.

Berbicara tentang musik, selain merupakan sebagai bahasa yang universal, musik juga tidak dapat kita pisahkan dari dunia tasawuf. Sangat disayangkan jika mereka yang bertasawuf dan bertarekat anti atau malah membenci terhadap musik. Karena jika kita cermati para sufi terdahulu, khususnya Sufi yang digelari “Sufi penyair Persia terbesar sepanjang masa” sekaligus pendiri Tarekat Maulawiyah, Muhammad Jalaludin Rumi (w. 1273) sangat kental dengan musik. Begitu pula Shulthon Auliya Syaikh Abdul Qadir Al-Jilany qs. dengan syair-syair yang dibuatnya. Itulah yang diutarakan oleh Ketua Pusat Kajian Tasawuf Asean Suryalaya, Drs. Asep Haerul Gani, Psikolog, dalam sambutannya saat pembukaan acara ini.

Di tengah keadaan industri lagu anak yang lemah, yang berakibat lagu-lagu anak nyaris tak terdengar lagi, terlebih rasa prihatin terhadap anak-anak yang marak menyanyikan lagu-lagu orang dewasa, kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat sebagai pendongkrak kreativitas bagi siapa saja untuk menjadikan lagu sebagai media pendidikan.

Kak Ribut Cahyono dan Kak Anyik Karina Adistiana dari Peduli Musik Anak selaku instruktur di kegiatan ini, mengutarakan bahwa workshop ini bukan membahas bagaimana belajar bermusik atau menggali bakat bermusik, namun lebih menekankan bagaimana agar kita mampu memberikan pesan (pendidikan) melalui musik.

Acara yang dibuka oleh Ketua Pusat Bahasa IAILM Suryalaya, Agus Samsul Bassar, M.M.Pd. ini, dirasakan sangat santai dan riang namun berbobot. Kita yang tak pandai membuat lagu, dipandu secara perlahan hingga kita mampu mencipta lagu anak dan mempresentasikannya secara berkelompok.
Ilmu yang kami dapatkan pada workshop ini diantaranya adalah cara membuat lagu anak dengan langkah-langkah:
1.    Memilih satu konsep positif terlebih dahulu,
Contoh: Shaleh, Jujur, Sopan, dll.
2.    Buat devinisi dari konsep yang dipilih,
Contoh: Shaleh adalah ta’at dan sungguh-sungguh menjalankan ibadah.
3.    Pilih usia anak yang akan menjadi sasaran lagu itu disampaikan.
Contoh: lagu anak untuk usia 12 tahun ke bawah atau usia Sekolah Dasar
4.    Tuliskan kata-kata: 
        a. Tuliskan kata-kata (konsep shaleh) andai kita berada di posisi anak usia SD
          Contoh: taat orangtua, rajin solat, rajin mengaji, masuk surga, disayang Allah, dan seterusnya.
b. Tuliskan isi pikiran kita saat ini, bagaimana (konsep shaleh) yang harus diaplikasikan oleh
    anak usia SD
(Tentukan Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotornya anak usia SD!)

5.    Buat kalimat-kalimat aplikatif dengan tema anak shaleh !
Contoh: Hormatilah orang tua
6.    Susunlah kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah bait!
(catatan: setelah disusun, cari/ubah kalimat-kalimat tersebut sehingga lebih efektif.
7.    Lagu telah selesai dibuat.

Berikut ini adalah sebuat bait lagu yang telah disusun oleh kelompok kami (kelompok 1):

Judul: ANAK SHALEH

Hai anak shaleh
Hormatilah ayah ibumu
**Sayangi teman dan saudara
Tolong yang perlu maafkan yang salah
Niscaya engkau disayang Allah 
(kembali ke **)

Selain menerima ilmu cara mudah membuat musikdan lagu untuk pendidikan anak, kami pun mendapatkan buku (gratis) serta pencerahan dari Pak Sulistyanto Soejoso, selaku Pemerhati Pendidikan.

Setelah menerima pengalaman baru, ternyata semua orang sudah memiliki kompetensi musikal, dan nyatanya membuat lagu untuk anak itu mudah dan menyenangkan. Selamat berkreasi!
Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
4 April 2017 17.25 delete

Untuk dokumentasi hasil-hasil bisa lihat di Youtube.com/pedulimusikanak, khusus untuk lagu "Anak Shaleh" bisa klik di sini https://youtu.be/PAZg3JRb4zE

Reply
avatar
9 April 2017 19.06 delete

alhamdulillah... @pedulimusikanak bisa mampir di blog kami, trimaksih banyak berkenan bergagi ilmunya.. somga semua Tim Peduli Musik Anak sukses sll.. amiin

Reply
avatar