SATGAS PONDOK PESANTREN SURYALAYA BERWISATA RELIGI KE PAMIJAHAN





 
(Jumat, 08 Januari 2016). Satuan Tugas (Satgas) Keamanan Pondok Pesantren Suryalaya berwisata religi ke Pamijahan.
Di awal tahun baru 2016, yang sekaligus bertepatan dengan bulan Rabi’ul Awwal (maulud) 1437 H., Satgas Pondok Pesantren Suryalaya turut memperingati “Syahrun” dilahirkannya Nabiyulloh Muhammad saw. yang berbeda dengan kegitan seperti biasanya.
Hal nya, Satgas Pontren Suryalaya mengisi acara tradisi muludan ini dengan melaksanakan Ziarah ke Syaikh Abdul Muhyi Pamijahan dengan cara konvoi menggunakan sepeda motor .
“Kegiatan ini bukan hanya ajang rekreatif –sebagai kebutuhan jasmani-belaka, namun di dalamnya terdapat pula muatan edukatif. Yang lebih pentingnya lagi, kita pun mengharapkan mendapat hikmah dan limpahan barokah dari muludan tahun ini, serta berusaha mengambil faedah dari ziarah kepada para Auliya Allah, para Syuhada dan Solihin”. Ujar Ketua Panitia, Arif Husen, S.Ag.
Setelahnya berziarah ke makam Abah Sepuh dan Abah Anom serta ngaras kepada Ummi dan Pimpinan Pesantren Suryalaya, Rombongan sebanyak 45 orang  dengan 27 unit sepeda motor ini bertolak dari Patapan Suryalaya selepas melaksanakan Jum’atan sekitar pukul 13.30 WIB.
Diantara tempat-tempat yang diziarahi, yaitu :
- Makam Eyang Zakarya, di Pamoyanan Kec. Kadipaten
- Makam Pangersa Akeh (Wakil Talkin Abah Sepuh dan Wakil Talkin Abah Anom), di Ciawi
- Makam Abah Endi, di Cisayong
- Makam Syekh Abdul Muhyi – Pamijahan,
- Syekh Khotib, Pamijahan
- Yudanagara/Ibu Tanganjiah, Pamijahan
- Eyang Abdul Qohar, Pamijahan
- Eyang Dalem Sacaparna, Pamijahan.

Setibanya di Pamijahan, Rombongan konvoi beristrahat dan bermalam di kediaman salah satu Wakil Talqin Abah Anom, KH. Beben Muhammad Dabbas. Beliau merupakan pituin Pamijahan yang masih memiliki garis keturunan dan Syaikh Abdul Muhyi ra.
Adapun rute perjalanan wisata religi ini adalah : Suryalaya- Pamoyanan – Cisayong – Cibalong – Pamijahan –Suryalaya. Dalam perjalanan tersebut, semua peserta sempat melaksanakan hidmat amaliyah Manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jailani qs. di tempat ikhwan TQN Suryalaya daerah Cibalong.
Meskipun cukup melelahkan, alhamdulillah semua peserta konvoi tiba kembali di Patapan Suryalaya pada hari Sabtu, 09 Januari 2016 sekitar pukul 14.00 WIB, dengan selamat.

Previous
Next Post »