Hubungan LDTQN dengan YSB PPS, dan Urgensi Upgrading LDTQN

Keberadaan LDTQN dan Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya tidak bisa dilepaskan dari latarbelakang berdirinya Pontren Suryalaya itu sendiri. Syekh Tolhah sempat berwasiat kepada Syekh Abdulloh Mubarok (Pangersa Abah Sepuh) untuk mengembangkan (mendakwahkan) TQN melalui sebuah lembaga (Unang Soenardjo:1987).
Pangersa Abah Sepuhpun kemudian mendirikan lembaga yang disebut “Patapan Suryalaya”. Pada tahun 1953 Pangersa Abah Sepuh menyerahkan kepemimpinan lembaga tersebut dan khirqoh kemursyidan TQNPPS kepada Syekh KH Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin (Pangersa Abah Anom).
Pada masa Pangersa Abah Anom penyebutan lembaga tersebut disesuaikan dengan situasi dan kondisi waktu itu, sehingga kemudian lembaga tersebut lebih dikenal dengan nama Pondok Pesantren Suryalaya. Perubahan tersebut tidak merubah tujuan awalnya yaitu sebagai pusat pengamalan dan pengembangan (dakwah) TQNPPS. 
Pada awal kepemimpinan Pangersa Abah Anom, mulai banyak orang berdatangan dari berbagai wilayah untuk belajar mengamalkan TQNPPS. Untuk membantu fungsi Pontren Suryalaya menangani hal tersebut, maka Pangersa Abah Anom pada tahun 1961 mendirikan Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya (YSBPPS).
Yayasan ini bergerak dalam bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan, termasuk didalamnya adalah bidang pendidikan. Untuk aspek keagamaan, YSBPPS membentuk bidang Ilmu dan Dakwah. 
Pada saat ini diperkirakan jumlah ikhwan TQNPPS lebih dari 10 juta orang. Mereka terdiri dari berbagai profesi, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, dan berasal dari berbagai wilayah termasuk diantaranya tidak sedikit yang berasal dari beberapa negara lain. Dari perspektif strategi dakwah TQNPPS, hal tersebut merupakan sebuah potensi/kekuatan besar yang perlu dikelola dan dihimpun dengan sebaik-baiknya. Sistem pengelolaan dan penghimpunan seluruh potensi tadi dapat diejawantahkan dalam bentuk sistem keanggotaan.
Karena YSBPPS sebagai sebuah yayasan tidak diperkenankan oleh Undang-undang untuk memiliki anggota, maka untuk menghimpun seluruh potensi dakwah TQNPPS tadi perlu dibentuk sebuah lembaga yang dapat mengakomodir kepentingan tersebut tanpa melanggar aturan negara (Tanbih). 
Melihat perkembangan seperti itu, Pimpinan Pontren Suryalaya, Pembina YSBPPS, Pimpinan Bidang Ilmu dan Dakwah YSBPPS dan Pimpinan Fakultas Dakwah IAILM Suryalaya,  bermusyawarah untuk membentuk lembaga dimaksud.
Dari hasil musyawarah tersebut, pimpinan pondok sekaligus pembina YSBPPS memutuskan untuk membentuk Lembaga Dakwah TQN (LDTQN) Pontren Suryalaya yang memiliki tugas utama untuk menghimpun, mengelola, dan mengurus ikhwan TQNPPS, melestarikan TQNPPS dan mengembangkan dakwah TQNPPS.
Setelah melalui sebuah proses, pada tanggal 6 Juli 2018 keluarlah KEPUTUSAN MENKUMHAM RI TENTANG PENGESAHAN PENDIRIAN BADAN HUKUM PERKUMPULAN LDTQN PONTREN SURYALAYA NOMOR:AHU-0008548.AH.01.07.TAHUN 2018. 
Dengan keluarnya Keputusan Menkumham tersebut, secara resmi Pimpinan Pontren Suryalaya menyerahkan tugas untuk menghimpun, mengelola, dan mengurus ikhwan TQNPPS, melestarikan TQNPPS dan mengembangkan dakwah TQNPPS kepada LDTQN Pontren Suryalaya.
Selanjutnya YSBPPS sendiri dapat lebih fokus dan leluasa untuk menjalankan tugas lainnya yaitu di bidang Pendidikan, kemanusiaan, Inabah, dan pengelolaan aset Pontren Suryalaya. Dimana sekarang ini dibidang inabah dan pendidikan, terutama pendidikan tinggi sudah sangat memerlukan perhatian serius untuk meningkatkan perannya. 
Di YSBPPS sendiri ada organ-organ atau bidang-bidang lainnya yang sudah menjadi otonom seperti LDTQN, yaitu IBU BELLA dan Generasi Muda Pontren Suryalaya (GMPS). Dalam konteks strategi perjuangan Pontren Suryalaya, otonomisasi dari bidang-bidang di YSBPPS tersebut bukan untuk “menggembosi” atau “mengecilkan” YSBPPS, namun untuk meringankan tugas YSBPPS, sehingga YSBPPS dapat bergerak lebih gesit, lincah, efektip dan efisien. Dengan demikian, selanjutnya tugas besar Pondok Pesantren Suryalaya akan diringankan oleh lembaga-lembaga yang ada dibawah naungannya, yaitu: YSBPPS, LDTQN Pontren Suryalaya, IBU BELLA, GMPS dan Lembaga Usaha Perdesaan (LUP).
LDTQN Pontren Suryalaya sebagai lembaga yang ditugaskan untuk menghimpun dan mengelola seluruh potensi dakwah TQNPPS, selanjutnya akan membentuk pengurus di seluruh daerah di Indonesia dan di luar negeri. Kepengurusan tersebut berupa Pengurus Luar Negeri, Pengurus Provinsi, Pengurus Kabupaten/Kota, Pengurus Kecamatan dan Pengurus Desa/Kelurahan. Teknis pembentukan pengurus daerah ini sesuai dengan arahan dari Pimpinan Pontren Suryalaya dan AD ART LDTQN, akan berkoordinasi dengan pengurus YSB yang ada di wilayah dimaksud.
Keberadaan LDTQN di daerah tidak untuk menghapuskan YSBPPS di daerah tersebut, melainkan untuk meringankan tugas YSBPPS, bahkan diusahakan LDTQN dapat membantu YSBPPS di daerah tersebut untuk pengelolaan aset dan pendirian lembaga-lembaga pendidikan. Bahkan secara personal/individual, pengurus YSBPPS bisa merangkap sebagai pengurus LDTQN. Jadi hubungan LDTQN Pontren Suryalaya dengan YSBPPS adalah hubungan sinergis saling bahu-membahu untuk meringankan tugas besar Pondok Pesantren Suryalaya sebagai pusat pengamalan dan pengembangan TQNPPS. 
Upgrading LDTQN
Upgrading adalah salah satu program peningkatan amaliyah dan ilmiyah bagi para ikhwan yang dibuat oleh Hadrotus Syekh KH. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin RA (Pangersa Abah Anom) sejak tahun 1970-an. Hal ini terlihat jelas dari dokumen-dokumen berikut:
Sekarang ini upgrading dilaksanakan oleh LDTQN sebagai upaya melanjutkan program Guru Mursyid dengan tujuan:
1. Meningkatkan amaliyah dan ilmiyah Para Ikhwan
2. Menyeragamkan amaliyah TQNPPS para ikhwan
3. Mendata dan menghimpun para ikhwan menjadi anggota LDTQN
4. Mendata seluruh potensi dakwah TQNPPS dan tempat amaliyah TQNPPS diberbagai wilayah
Upgrading I Angkatan ke-57, 14-15 Juli 2019
(dok: ldtqn pps)
Setiap para ikhwan yang sudah mengikuti upgrading berhak menjadi anggota LDTQN Pontren Suryalaya yang akan mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) LDTQN Pontren Suryalaya dan sertifikat seperti berikut:



Mudah-mudahan LDTQN Pontren Suryalaya dapat menjalankan fungsinya secara oprtimal. 
Wallohua’lam.

Sumber:
Ketua Umum LDTQN Pontren Suryalaya,
Dr. Muhamad Kodir.

loading...
Previous
Next Post »