MTs Serba Bakti utus pasukan ikuti latgab PKS

Peleton MTs Serba Bakti usai upacara pembukaan

Peleton (sekolah) MTs Serba Bakti Suryalaya mengutus empat orang aktivis Patroli Keamanan Sekolah (PKS) untuk mengikuti Latihan Gabungan (latgab) Se-Batalyon Donny Suryanto (DS) di SMK Mitra Batik Kota Tasikmalaya pada Minggu pagi (31/3/19).


Latgab ini diikuti oleh 19 Peleton; 10 dari SMP/MTs/sederajat dan 9 dari SMK/SMA/MA/sederajat, dengan jumlah peserta sebanyak 214 orang dari kompi A,B, dan C. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Kanit Dikyasa Lantas Polres Tasikmalaya Kota, IPDA Soni Alamsyah, SH. pada pukul 09.00 WIB. 

IPDA Soni Alamsyah, SH.

Pada sambutannya Kanit menyampaikan akan pentingnya peranan dan fungsi PKS. "Fungsi PKS yaitu segala usaha dan kegiatan untuk melindungi dan mengamankan lingkungan intern sekolah guna mendukung proses belajar mengajar." Ucapnya.

Berkaitan dengan fungsi tersebut, Bapak Polisi dengan pangkat satu balok emas itu mengungkapkan anggota PKS diharapkan mampu berperan aktif dalam membantu menegakkan kedisiplinan dan membantu mewujudkan keamanan, ketertiban serta keselamatan di lingkungan sekolahya masing-masing. Ia pun dengan tegas mengungkapkan bahwa setiap pelajar wajib mengetahui peraturan lalu lintas.

"Sebagai contoh, kaitannya dengan keselamatan berlalu lintas, anggota PKS membantu menyebrangkan para pelajar lainnya saat masuk dan atau pulang sekolah." tambahnya. 

Acara yang rutin diselenggarakan ini merupakan salah satu program kerja pengurus Batalyon Donny Suryanto di bawah binaan Unit Dikyasa Lantas Polres Tasikmalaya Kota. 

Adapun yang bertindak menjadi Instruktur latgab yaitu BRIPKA Aruman (Diksaya) dan Heri Hermawan, ST. (Pembina PKS Batalyon DS). Materi pokok yang disuguhkan yaitu tentang praktek pengaturan lalu lintas. Latgab ini difokuskan untuk menghadapi Pengamanan pada bulan Ramadhan 1440 H. yang akan datang. 


Usai latgab, acara dilanjutkan dengan pemilihan Ketua Komandan Batalyon (Danyon). Dan yang terpilih menjadi danyon untuk masa bakti 2019-2020 adalah Anggota PKS dari SMK 2 Tasikmalaya.

Acara tersebut berjalan dengan lancar, meskipun sempat break sejenak mengingat hujan mengguyur lokasi latihan. Acara berakhir sekitar pukul 16.00 WIB.


By: admin
loading...
Latest
Previous
Next Post »