Santri Suryalaya Ziarahi Makam Syaikh Abdul Muhyi Pamijahan




Para santri Pengajian Tradisional Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya Tasikmalaya melaksanakan Ziarah ke makam waliyullah Syaikh Abdul Muhyi Pamijahan Tasikmalaya hari Ahad kemarin (3/2/19).

Sehari sebelum berangkat ke Pamijahan (2/2), semua peserta berziarah ke Puncak Suryalaya di makbaroh Mursyid TQN Pontren Suryalaya, Syaikh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad ra. (Abah Sepuh) dan Syikh Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin ra. (Abah Anom). Selanjutnya diteruskan dengan penyampaian teknis ziarah oleh panitia.

Ziarah ini diikuti oleh Santri sebayak 120 orang dan mudarris 28 orang. Bertolak dari Patapan Suryalaya bada shalat Shubuh berjamaah di Masjid Nurul Asror.

Setelah melewati perjalanan sekitar 76 km (Suryalaya-Pamijahan), rombongan ziarah tiba di Pamijahan pukul 10.00 WIB dan langsung menuju ke Makam Syekh Abdul Muhyi ra. Ziarah pun berlangsung dengan hidmat dipimpin oleh Ustadz Maman Suparman, S.Ag.


Usai ziarah, semua rombongan sebanyak tiga bis ini menuju ke Goa Safarwadi. Tak lama berselang,  para santri dan mudarris pun langsung masuk goa hingga sampai di pintu keluar. Menurut sejarah, Goa ini dijadikan tempat tinggal Syaikh Abdul muhyi dan keluarganya serta para santrinya setelah mencarinya selama bertahun-tahun atas petunjuk gurunya Syaikh Abdul Rouf. Konon goa ini pun pernah disinggahi oleh Sulthan Auliya Syaikh Abdul Qadir qs. ketika menerima ijazah ilmu agama dari gurunya, Imam  Sanusi.

Sementara itu, setelah menelusuri goa yang cukup melelahkan, rombongan menuju ke madrasah Yayasan Pontren Suryalaya perwakilan Pamijahan. Rasa lelah pun terbayarkan, pasalnya disana semua rombongan disambut hangat oleh pangeresa Ummi, Istri dari KH. Beben Muhammad Dabbas (salah satu Wakil Talqin Abah Anom) yang telah menghidangkan jamuan makan siang. Usai ramah tamah, acara berikutnya diisi dengan pemaparan tentang asal usul Goa Safarwadi yang sangat erat kaitannya dengan pengalaman spiritual Syaikh Abdul Muhyi ra. oleh Ustadz Maman.


Sebelum naik ke bis untuk pulang, para santri pun  menyempatkan diri hingga pukul 15.00 untuk berbelanja oleh-oleh pamijahan di toko-toko yang ada di sepanjang jalur gerbang masuk makam hingga Goa Safarwadi. Alhamdulillah, rombongan pun tiba di Suryalaya waktu Isya dengan selamat. Wallahu a'lam.

by: admin

loading...
Previous
Next Post »