RAT Kopontren Suryalaya Hidmat hasilkan keputusan baru



Koperasi Pondok Pesantren Suryalaya "Hidmat"  menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2018 di Gedung Sukriya Bakti Latifah Mubarokiyah Pontren Suryalaya Tasikmalaya pada Selasa kemarin (5/2).

Acara RAT berlangsung hidmat mulai pukul 09.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh anggota & pengurus  sebanyak 300 Orang. Tampak dihadiri pula oleh Sesepuh Pontren Suryalaya yang diwakili oleh Ero Koswara, S.Pd. MM., Dewan Koperasi Kab. Tasikmalaya, Dinas Koperasi dan UKM Kab. Tasikmalaya, dan perwakilan dari PT. Pertamina.




Pada acara tersebut, Sesepuh Pontren Suryalaya berpesan "Para pengurus perlu meningkatkan kemampuan profesional dalam mengelola koperasi; harus memiliki kemampuan menciptakan jaringan (networking) usaha-usaha agar tumbuh kuat dari bawah".

Senada dengan hal tersebut, Dadan R. Suhandana, SE. mengutarakan bahwa para pengurus harus mampu mengajak anak-anak muda untuk berkoperasi. "Saat ini di Kabupaten Tasikmalaya periode Desember 2018 ada 767 koperasi, yang katif 475 unit dan yang tidak aktif atau dibubarkan sebanyak 292 unit. Yang melaksanakan RAT 182 unit. Dengan jumlah anggota sebanyak 161.378 orang." paparnya mewakili Kadis Koperasi & UKM Kab. Tasikmalaya.

Dadan pun menambahkan bahwa untuk meningkatkan daya saing koperasi, pengurus harus mampu mengembangkan koperasi berbasis komputerisasi, mengurangi kredit macet, meningkatkan kemampuan menilai koperasi dalam hal manajemen dan akuntansi, serta meningkatkan pemahaman akan nilai-nilai kebaikan dan keuntungan berkoperasi.

Dalam RAT yang dipimpin oleh Drs. Agus Supyan, MM. menghasilkan beberapa keputusan. Diantara program yang disepakati yaitu; pertama, simpanan pokok yang semula Rp. 25.000,- menjadi Rp.100.000,-. Kedua,  simpanan wajib yang semula Rp 10.000,- menjadi Rp 20.000,-. Ketiga, adanya titipan lebaran bagi semua anggota sebesar Rp 100.000,-/bulan bagi yang mau (tanpa paksaan). Beberapa keputusan tersebut direalisasikan pada tahun buku 2019.

Usai acara RAT dilanjutkan dengan pemilihan Pengawas Kopontren baru, mengingat pengawas kopontren Hidmat di tahun ini telah berakhir. Dari hasil pemilihan secara aklamasi yang dipimpin oleh Nana Suryana (unsur anggota), maka yang terpilih sebagai Pengawas Kopontren baru, yaitu Ketua : Drs. Agus Supyan, MM. (petahana), Anggota I : Tatang, S.Pd. menggantikan Kamaludin Koswara, dan anggota II : Dra. Ai Sadiah menggantikan Dra. Suroh. Pengurus baru tersebut langsung dilantik oleh Kadis Koperasi dan UKM Kab. Tasikmalaya untuk masa bakti 2019-2021.
Pelantikan Pengawas Kopontren Suryalaya Hidmat
Masa Hidmat 2019-2021

Sementara itu, di penguhujung acara, Drs. Ahmad, M.S.I. selaku ketua kopontren mengingatkan kembali akan pentingnya peran anggota dalam memajukan perusahaan milik bersama ini. Khususnya dalam bidang usaha sendiri yang saat ini masih belum berkembang secara signifikan. Mengingat hasil yang didapatkan masih banyak didapatkan dari mitra kopontren.

Ahmad pun berharap bahwa dengan modal gotong royong dan kekeluargaan sebagai azas Koperasi, rencana pembangunan WASERDA baru yang terletak di Jalan Cagak Cikoranji dapat segera terealisasikan, disamping telah menyimpan saham di HIDMAT MART yang telah menjadi mitra Kopontren Suryalaya Hidmat.
Drs. Ahmad, MSI.
(Ketua Kopontren Suryalaya Hidmat)

Hingga acara penutupan , para anggota tetap semangat dan ceria berada di kursinya masing-masing. Dengan penuh harap dan cemas mereka menunggu namanya dipanggil untuk diundi mendapatkan sejumlah dorprice yang telah disediakan pada tiap RAT.
Dorprice RAT.

Pengawas (demisioner) dan Pengurus
Kopontren Suryalaya Hidmat.

By: admin.

loading...
Latest
Previous
Next Post »