MARTABAT SPIRITUAL AHLUL BAIT PANGERSA ABAH ANOM SURYALAYA

Pangersa Abah Anom & Pangersa Ummi Hj Yoyoh Sofiah
bersama KH. Dudun Nursaiduddin ar. sekeluarga.

Ada di antara kisah manqabah Tuan Syaikh Abdul Qadir al-Jailani qs. memberikan “khirqah” kemuliaan. Berupa mahkota (kopiah) merah & sorban hijau kepada Syaikh Ahmad Kanji. Insya Allah setiap bulan Jumadil Ula manqabah tersebut selalu dibacakan saat Manaqib TQN Suryalaya.
Kisah karamah yg terkesan seperti mitos ini ternyata memiliki padanan kisahnya pada tokoh yang kita kenal. Agar menjadi bukti penguat bahwa kisah karamah para awliya Allah adalah benar. Kisah manqabah ini dialami langsung oleh putra pertama Pangersa Abah Anom (Syekh Ahmad Shahibulwafa Tajul Arifin ra.); KH. Dudun Nursaiduddin Ar. (Pangersa Haji Dudun).
Suatu saat di masa mudanya Pangersa Haji Dudun pernah melakukan perjalanan riyadhah di dalam hutan. Karena merasa lelah beliau lalu beristirahat dan tertidur di suatu tempat di hutan itu. Di dalam tidurnya beliau dikunjungi oleh dua sosok agung; Baginda Nabi Muhammad saw. dan Tuan Syaikh Abdul Qadir al-Jailani qs.
Baginda Nabi saw lalu memakaikan sorban hijau kepadanya, kemudian Tuan Syaikh qs juga memakaikan mahkota (kopiah) merah kepadanya. Setelah itu Pangersa Haji Dudun terbangun dari tidurnya. Namun ternyata mahkota (kopiah) merah & sorban hijau tersebut secara nyata telah terpakai pada dirinya. Subhanallah.
Lalu mahkota (kopiah) merah dan sorban hijau tersebut disimpan dan dibawa pulang ke Pondok Pesantren Suryalaya tanpa memberitahu kepada siapa pun. Ketika Pangersa Haji Dudun sedang “ngaras” menghadap Pangersa Abah Anom, tiba-tiba beliau bersabda, “Mana mahkota merah dan sorban hijaunya?”
Astaghfirullah! betapa terkejutnya Pangersa Haji Dudun karena rahasianya diketahui oleh Pangersa Abah. Maka dengan perasaan malu ia mengambil mahkota merah dan sorban hijau tersebut serta menyerahkannya kepada Pangersa Abah. Kemudian mahkota merah dan sorban hijau tersebut disimpan oleh Pangersa Abah. (Mungkin untuk menjaga ketawadhuan dan keikhlasan Pangersa Haji Dudun). Wallahu ‘alam.

Sumber:
Dikutip tanggal 2 Feb. 2019 Pukul 12.20 WIB.

loading...
Previous
Next Post »