Ziarah dan Wisata MTs Serba Bakti Suryalaya 2018

Foto Bersama di depan Menara Kudus
Suryalaya. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya gelar Ziarah ke Makam para Waliyullah dan Wisata ke Yogyakarta pasca pembagian buku Raport Tahun Pelajaran 2018/2019 pada beberapa hari yang lalu (20/12).

Kegiatan Ziarah dan Wisata ini diselenggarakan pada waktu libur semester sehingga tidak mengganggu efektifitas pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis pagi sekitar pukul 07.00 , dengan rute perjalanan Suryalaya – Cirebon – Kudus – Yogyakarta – Suryalaya. Acara ini diikuti oleh 232 peserta yang terdiri dari 160 siswa/i, 25 Guru, dan 47 orang dari unsur Komite, orang tua siswa dan keluarga guru.

Kegiatan ziarah dan wisata ini rutin dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran semester ganjil, dan diprioritaskan bagi siswa/i kelas VIII (delapan). Ziarah ini adalah salah satu amaliyah yang diperintahkan oleh Rasulullah saw. Tentunya memiliki manfaat yang sangat besar. Karena itu Keluarga MTs Serba Bakti sangat mengharapkan akan manfaat tersebut. Selain itu, ziarah ini pun senantiasa dicontohkan oleh Guru Mursyid TQN Pontren Suryalaya, Syekh Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin ra. (Abah Anom) semasa hidupnya. Hingga kini kegiatan ziarah kepada waliyullah terus dilakukan pada tiap tahunnya oleh Pontren Suryalaya yang dipimpin oleh Hj. Otin Hodijah binti Abah Anom.

Adapun makam Waliyullah yang diziarahi di hari pertama –tentunya setelah Makam Abah Anom dan Abah Sepuh di Puncak Suryalaya- adalah makam Sunan Gunung Djati (Syekh Sarif Hidayatullah) dan Syekh Tolhah bin Tholabudiin di Cirebon. Dilanjutkan menuju ke Kudus-Jateng ke Makam Sunan Kudus (Syekh Ja’far Shodiq ra).

Makam Syekh Tolhah bin Tholabuddin (Kalisapu-Cirebon)

Makam Sunan Kudus (Syekh Ja'far Sodiq)

Selain itu, kegiatan kunjungan ke beberapa tempat wisata di Yogyakarta diharapkan mampu memberikan banyak manfaat yang bagi siswa/i melalui pengamatan, penghayatan, eksploratif, apresiatif terhadap obyek wisata yang dikunjunginya. Diantara tempat yang disambangi yaitu, Candi Borobudur, Taman Pintar, Museum Vredeburg, dan Monjali.

Borobudur - Magelang


Monumen Jogja Kembali (Monjali) Yogyakarta

Sesampainya di Yogyakarta, tepatnya di hari kedua, Rombongan MTs Serba Bakti menggelar silaturahmi dengan Pengurus Yayasan Serba Bakti (YSB) Pontren Suryalaya Korwil Yogyakarta di Wisma Atlet Yogyakarta. Di tempat penginapan tersebut, rombongan ziarah dan wisata mendapatkan tausyiah dari Ketua YSB Korwil Yogyakarta, KH. Dimhari. Dalam sambutannya, Wakil Talqin asal Yogya tersebut menyatakan “Korwil Jogja sedang mendirikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta merintis MTs yang akan menginduk ke Pesantren Suryalaya dengan memakai nama SERBA BAKTI SURYALAYA – YOGYAKARTA.”  




Setelah menempuh perjalanan jauh selama tiga hari tiga malam tersebut, alhamdulillah tiba di Pondok Pesantren Suryalaya pada hari Minggu pagi, tanggal 23 Desember 2018 dengan selamat.


By: Kang Kamal
loading...
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Wrsd, Mts. SB
AUTHOR
26 Desember 2018 20.31 delete

Wisata religi ini dilaksanakan tiap tahun, bagi siswa-siswi kls 7 diwajibkan menabung untuk nanti kls 8 yang tahun yang akan datang... Semoga amaliah ini menjadi berkah dan dapat dilaksanakan berkesinambungan tiap tahunnya...

Reply
avatar
admin
AUTHOR
30 Desember 2018 19.20 delete

Aamiin YRA, leres pisan.. htur nuhun.

Reply
avatar