Lebih dari 2.800 siswa sambut keberkahan pada halal bihalal di Suryalaya


Suryalaya. Mengawali Kegitan Pembelajaran Tahun Pelajaran 2018/2019, sebanyak lebih dari 2800 siswa beserta 250 Dewan Guru ikuti kegiatan halal bihalal di Masjid Nurul Asror Pondok Pesantren Suryalaya – Tasikmalaya pada Senin kemarin (16/7/18).

Halal bihalal yang diisi dengan haol (tahlil) ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, dengan bermushafahah terlebih dahulu kepada Keluarga Pesantren yang bertempat di Madrasah. Haol ini dipimpin oleh Ust. Arif Husen, S.Ag.

Mushafahah kepada Keluarga Pesantren.
Arif Husen, S.Ag. tengah memimpin haol/tahlil.
Kegiatan  ini merupakan tradisi tahunan yang dilaksanakan oleh para Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta para peserta didik yang berada di bawah komando Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya. Acara ini diselenggarakan pada tiap hari pertama tahun ajaran baru, tepatnya sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Adapun siswa yang hadir pada kegiatan ini kurang lebih mencapai 2.825 orang, yaitu MTs: 500 orang, SMP: 200 orang, MA: 325 orang, SMA: 300 orang, dan SMK Plus: 1.500 orang.


Kaitannya dengan acara haol, terdapat satu hal yang sangat penting untuk direnungkan. Dalam term tarekat, mendo’akan Guru adalah sebab berkahnya ilmu. Keberkahan seorang murid (yang berkeinginan) tak akan pernah terlepas dari seorang Guru/Mursyid selama murid tersebut menyambungkan diri kepada Gurunya.

Syaikh Ali Ibnu Wafa’ berkata: “Muridku, hendaklah engkau selalu berada di sisi Syaikh Mursyidnya, karena engkau akan mendapatkan berbagai ilham dari Allah dengan perantaranya. Sebab, seorang Syaikh Mursyid merupakan jendela bagi seorang murid untuk menembus ke hadirat Ilahi.” (Al-Anwarulqudsiyyah).

Dengan demikian, haol kepada Pangersa Abah Anom dan Abah Sepuh yang ditradisikan di Pondok Pesantren Suryalaya pada tiap awal tahun ajaran ini, merupakan sebuah pengejawantahan rasa syukur serta pengharapan keberkahan dari Guru/Syekh selaku pemillik Pesantren dimana para siswa dan Guru menimba ilmu di dalamnya. Wallahu a'lam.

By: Admin



loading...
Previous
Next Post »