Kifrah Romadhon di Pesantren Suryalaya

Acara Pembukaan Kifrah Romadhon (Kirom) Jilid IV
Bertempat di Masjid Nurul Asror Pondok Pesantren Suryalaya, Hari ini (Senin, 29/5) bertepatan dengan 3 Romadhon 1438 H. Pengajian Tradisional menggelar Pembukaan Kifrah Romadhon (KIROM) Jilid IV.

Kirom Jilid IV ini membuka Pesantren Kilat dan Pasaran untuk umum. “Peserta yang telah terdaftar di Panitia hingga saat ini sebanyak 122 orang dengan rincian 100 orang tingkat SLTP berasal dari MTs Serba Bakti, SMPI Serba Bakti, SMPN I Pagerageung, dan 22 orang tingkat SLTA berasal dari MA Serba Bakti. Santri DTA sebanyak 150 orang.” Ucap Dudin Samsudin, selaku ketua panitia pada laporannya.

Dudin pun menambahkan bahwa kegiatan yang akan berlangsung hingga tanggal 17 Ramadhan ini menyuguhkan kajian Mata Aji Al-Quran (Ilmu Tajwid) serta Fikih, Tauhid, dan Tasawuf yang dihimpun dalam buku Panduan. Sedangkan Pasaran mengkaji beberapa Kitab Kuning, yaitu Safinatunnaja (fikih) dan Qatrhrul Gaits (tauhid) bagi mubtadi, serta Fathul Qarib (fikih) dan Fathul majid bagi mutawasith.

Acara Kirom ini dibuka oleh Ketua Bidang Kepesantrenan, Nana Suryana. “Kami berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. ” Tambah Ketua Prodi PGMI IAILM ini dalam sambutannya.

Pembukaan yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB ini dihadiri oleh Para Mudarris Pengajian Tradisional dan DTA (selaku Mudarris pada Kirom ini), Dewan Guru dari MTs Serba Bakti, SDN 3 Tanjungkerta dan SDN Surialaya. 


By: Kamaludin Koswara





Previous
Next Post »