PKS Kompi B Gelar Pelantikan dan Sertijab di Suryalaya

Pelantikan Pengurus PKS Kompi B Batalyon Donny Suryanto

Tasikmalaya, Kamis (2/2) Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Kompi B Batalyon Donny Suryanto menggelar acara Pelantikan dan Sertijab Pengurus untuk Masa Hidmat 2017-2018.

Diantara sejumlah kegiatan ekstrakurikuler yang ada di Sekolah maupun Madrasah khususnya di wilayah Provinsi Jawa Barat adalah Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Hingga saat ini hampir di setiap Kabupaten/Kota di Jawa barat PKS ini masih eksis. Hal tersebut dibuktikan dengan antusias para anggota PKS ketika adanya ajang kompetisi ke-PKS-an. Diantara kabupaten/Kota di Priangan Timur yang masih terlihat eksis yaitu Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, Kota Banjar, dan Kab. Garut.

Di Kota Tasikmalaya, ekstrakurikuler yang style-nya mirip Polantas ini masih banyak diminati oleh para pelajar SLTP dan SLTA sederajat. Karena dalam kegiatan ekstrakurikuler ini para pelajar diberikan wawasan mengenai ke-LALULINTAS-an.

Di Kota Tasikmalaya, ekstrakurikuler yang berada di bawah bimbingan UNIT DIKYASA LANTASPOLRES TASIKMALAYA KOTA ini bernama PKS BATALYON DONNY SURYANTO. Dalam sebuah Batalyon ini terbagi ke  dalam tiga Kompi, yaitu kompi A, B, dan C. Selanjutnya masing-masing kompi membawahi beberapa sekolah/Madrasah. Kompi A bermarkas di sekitar Pusat Kota, Kompi B berada di Tasikmalaya bagian Utara (Kec. Pagerageung dan sekitarnya), dan Kompi C berpusat di sekitar Kec. Ciawi.

Hari Kamis (2/2) yang lalu, Pembina Kompi B melantik dua puluh satu orang pengurus Kompi B untuk Masa Hidmat 2017-2018 yang diketuai oleh saudara Ijal Herdiana siswa dari MA Serba Bakti Suryalaya.

Acara yang berlangsung mulai pukul 14.00 itu dihadiri oleh Pembina PKS Batalyon Donny Suryanto, Kepala MTs Serba Bakti yang diwakili oleh Pembina Kesiswaan Abdul Wakam, S.Pd.I., Para Pembina PKS dari MA Serba Bakti, SMK Plus YSB, MTs Serba Bakti, Pembina Kompi A, Komandan Batalyon dan beberapa pengurusnya, dan sejumlah anggota PKS dari MTs, MA, SMK Plus, dan SMA Serba Bakti.

Foto bersama usai Pelantikan dan Sertijab Pengurus PKS Kompi B
“Dalam menghadapi berbagai tantangan kaum muda di era globalisasi saat ini, para pelajar perlu digiring kepada berbagai aktivitas yang bermanfaat.  PKS merupakan salah satu kegiatan yang sangat baik untuk mengisi waktu luang bagi para kaum muda sebagai penerus bangsa. Hal ini diharapkan mampu membendung sikap negatif yang merugikan diri sendiri maupun orang lain seperti vandalisme dan radikalisme” tegas Bapak Heri Hermawan, ST. saat sambutannya selaku Pembina PKS Batalyon Donny Suryanto.

Usai pelantikan yang digelar di Gedung MTs Serba bakti tersebut, Para Pembina peleton yang hadir beramah tamah dengan Pengurus dan Pembina PKS Batalyon Donny Suryanto. Dalam perbincangannya, Pembina Batalyon berpesan agar selalu mempererat tali silaturahim khususnya diantara para Pembina PKS. Sehingga segala permasalahan dapat mudah dipecahkan secara bersama-sama, dan tujuan yang diharapakan mudah tercapai.


Kamaludin Koswara


Previous
Next Post »