Surat-surat pada Dustur (Suryalaya Godebag)


Bacaan dustur yang biasa dilantukan di Pontren Suryalaya tersusun dari beberapa ayat Al-Quran dalam surat-surat di bawah ini :
﴿دُسْتُـوْر
أَعـُوْذُبِااللهِ السَّمِيْعِ الْعَلِيْمِ مِنَ الشَّـيْطَانِ الرَّجِيْمِ
1.    Surat Fushilat [41] : 33
وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلاً مِّمَّنْ دَعَاإلَى اللهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَّقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ ﴿٣٣﴾
2.    Surat Al-An’am [6] : 95-98

إِنَّ اللهَ فَاِلقُ اْلحَبِّ وَالنَّوى يُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ اْلمَيِّتِ وَمُخْرِجُ اْلمَيِّتِ مِنَ اْلحَيِّ ذلِكُمُ اللهُ فَأَنَّا تُـؤْفَكُوْنَ ﴿۹۵﴾ فَالِقُ اْلإصْبَاحِ وَجَعَلَ الَّيْلَ سَكَنًا وَّ الشَّمْسَ وَاْلقَمَرَحُسْبَانًا ذلِكَ تَقْدِيْـرُاْلعَزِيْـِزاْلعَلِيْمِ ﴿۹٦﴾ وَهُوَالَّذِي جَعَلَ لَكُمُ النُّجُوْمَ لِتَهْتَدُوْا ِبهَا فِي ظُلُمَاتِ اْلبَرِّوَاْلبَحْرِ قَدْفَصَّلْنَااْلأيَاتِ لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ ﴿۹٧﴾ وَهُوَالَّذِي أَنْشَأَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَّاحِدَةٍ فَمُسْتَقَرٌّ وَمُسْتَوْدَعٌ  قَدْفَصَّلْنَااْلأيَاتِ لِقَوْمٍ يَّفْقَهُوْنَ ﴿۹٨﴾

3.    Surat Al-Israa’ [17] : 111
وَقُلِ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى لَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًاوَّلَمْ يَكُنْ لَه شَرِيْكٌ فِى اْلمُلْكِ وَلمَ ْيَكُنْ لَه وَلِيٌّ مِّنَ الذُّلِّ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيْرًا ﴿۱۱۱﴾
صَدَقَ اللهُ اْلعَظِـيْمُ
Artinya :
1.    Surat Fushilat [41] : 33
33.  siapakah yang lebih baik perkataannya dari pada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?"
2.    Surat Al-An’am [6] : 95-98
95.  Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan. Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. (yang memiliki sifat-sifat) demikian ialah Allah, Maka mengapa kamu masih berpaling?
96.  Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah yang Maha Perkasa lagi Maha mengetahui.
97. dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui.
98.  dan Dialah yang menciptakan kamu dari seorang diri[493], Maka (bagimu) ada tempat tetap dan tempat simpanan[493]. Sesungguhnya telah Kami jelaskan tanda-tanda kebesaran Kami kepada orang-orang yang mengetahui.
[493] Maksunya: Adam a.s.
[493] Maksunya: Adam a.s.
3.    Surat Al-Israa’ [17] : 111
111. dan Katakanlah: "Segala puji bagi Allah yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia bukan pula hina yang memerlukan penolong dan agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya.
Previous
Next Post »